---------- --------- --------- ---------- ---------- ----------
Pembuatan Form
Report telah dibuat, lalu kita segera menuju ke pembuatan sebuah form. Langkah-langkah dalam pembuatan form yaitu:
1. Untuk membuat Form baru maka kita harus masuk ke Objects “Forms”, kemudian pilih “New”. Lalu pada tampilan New Form kita pilih “Design View” dan OK.
2. Akan muncul tampilan form kosong, seperti gambar di bawah ini. Langkah selanjutnya, pilih tool Combo Box pada toolbox. Dan drag pada lembar kosong di form.
3. Pada tampilan Combo Box Wizard, kita pilih option pertama dan klik Next.
4. Tahap selanjutnya kita dapat memilih asal tabel atau query untuk dibuatkan formnya. Sebagai contoh pada gambar kita memilih tabel Penjualan. Klik Next setelahnya.
5. Selanjutnya pilih Fields yang ingin ditampilkan.
6. Tampilan berikut berfungsi apabila fields-fields yang kita pilih akan disusun sesuai dengan aturan yang kita inginkan. Untuk kali ini lewatkan saja dengan mengklik Next.
7. Setelah itu muncul tampilan seperti dibawah ini. Gambar tersebut menjelaskan bahwa Fields “Faktur_Jual” yang akan dijadikan pilihan pada Combo box ada dua record. Klik Next untuk melangkah ke tahap berikutnya.
8. Lalu tuliskan nama Label pada Combo Box. Terakhir klik Finish.
9. Combo Box telah dibuat, lalu kita akan membuat sebuah Command Button pada form yang sama.
10. Pada kolom Categories kita dapat memilih “Report Operations” dan pada kolom Actions pilihlah ”Preview Report”. Klik Next.
11. Lalu pilih data query yang ingin dibuatkan formnya.
12. Disini kita dapat menggunakan keterangan Command sesuai selera tetapi lebih baik menggunakan tulisan agar lebih jelas tujuannya.
13. Klik Finish untuk menyelesaikan pembuatan Command Button. Jangan lupa untuk mengingat nama Command yang tercantum pada kotak isian karena untuk langkah selanjutnya nama tersebut akan dipakai didalam rumus.
14. Pada tampilan design view akan terlihat hasil yang telah kita buat. Jangan lupa untuk menyimpan form yang telah kita buat.
15. Langkah selanjutnya kita kembali ke menu Objects Query yang telah kita buat sebelumnya untuk menambahkan sebuah fungsi agar form berjalan dengan baik.
16. Ketiklah fungsi rumus “[FORMS]![NAMA_FORM]![NAMA_COMBO] di baris Criteria.
17. Klik tanda Run pada toolbox untuk menjalankannya.
18. Akan muncul parameters dari Query tersebut. Ketikkan saja nama Faktur yang telah ada pada kotak parameters. Lalu klik OK.
19. Setelah itu kembali ke menu Object ”Forms” untuk menjalankan kembali form yang sebelumnya telah kita buat.
20. Praktekkan lah form yang telah dibuat. Pilih salah satu faktur pada drop down di combo box lalu klik command disampingnya. Maka akan tampilan sebuah laporan yang telah kita buat dengan menampilkan hanya nomor faktur yang dipilih, tidak keseluruhan laporan.
21. Pembuatan Laporan per nomor faktur pun selesai. Silahkan kalian mencoba dengan membuat form dan menampilkan laporan per tanggal atau per pelanggan.
Selanjutnya Anda bisa membuat Switchboard pada Ms Access
Form ittue ap c?
BalasHapusmembuat form itu ap fungsinya sih?
BalasHapusJAWAB:
BalasHapusMembuat Form dalam Access berfungsi untuk mempermudah kita dalam mengolah table-table yang sudah kita buat dalam Access sesuai dengan format yang kita inginkan